Unsyiah Conferences, SNETE 2019

Font Size: 
Analisis Segmentasi Dalam Penentuan Target Pemasaran Mahasiswa UIN Suska Riau Dengan Metode Fuzzy C Means
Siti Monalisa

Last modified: 2019-10-15

Abstract


Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim (UIN SUSKA) Riau adalah salah satu universitas negeri yang ada di Riau yang cukup banyak peminat disetiap tahunnya. Persaingan dalam dunia industri pendidikan mengharuskan UIN SUSKA Riau dapat mengelola institusinya secara professional. Tujuan penelitian ini untuk menentukan target pemasaran UIN SUSKA Riau dengan cara melakukan segmentasi data mahasiswa. Penelitian ini menggunakan metode Fuzzy C-Means dengan menggunakan atribut nama, jenis kelamin, nama sekolah, jalur masuk, prodi, dan pilihan prodi sesuai jalur lulus. Segmentasi menggunakan algoritma Fuzzy C-Means (FCM) pada percobaan pembagian data latih dan data uji dilakukan iterasi sebanyak sepuluh kali percobaan, dengan hasil PCI FDK = 0,5164, FEKONSOS = 0,8830, FAPERTAPET = 0,5259, Psikologi =0,7437, FASTE = 0,8133, FASIH = 0,7570, FTK = 0,8896, dan Ushuludin = 0,7090. Nilai yang semakain besar mendekati 1 mempunyai arti bahwa kualitas cluster yang didapat semakin baik. Pemilihan segmen pasar terbaik menggunakan pendekatan segmentasi pasar dengan menggunakan pendekatan demografi dan pendekatan psikografi.


Keywords


Demografi, Fuzzy C Means, UIN Suska Riau dan Target Pemasaran